Tertarik Menjadi Penulis Lagu? Inilah 5 Cara Menulis Lirik Lagu

Selain aransemen, lirik menjadi salah satu komponen terpenting dalam penggarapan sebuah lagu. Aransemen musik yang apik ditambah penulisan lirik yang baik akan membuat lagu semakln ciamik.

Namun, masih banyak yang kesulitan bagaimana cara menulis lirik sebuah lagu. Menulis lirik lagu memang memiliki kerumitan tersendiri. Karena, selain merangkai nada juga harus memadukannya dengan kata-kata.

Apakah kamu seorang penulis lagu atau sedang ingin menulis lagu tetapi masih kesulitan? Kamu bisa ikuti beberapa jurus ini.

Dalam urusan tulis-menulis lagu, nama yang kerap muncul pada urutan teratas sebagai referensi, salah satunya adalah Jimi Multhazam. Dia adalah vokalis band New Wave, The Upstairs dan Morfem, band bernuansa rock alternatif. Ia juga menjadi penulis lirik lagu di dua band tersebut.

Kualitas Jimi tak main-main. Dua lagu ciptaanya bahkan masuk dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (dalam bahasa Indonesia) (edisi ke-56). Rolling Stone. 2009. Pertama, Matraman, lagu bandnya sendiri, The Upstairs. Yang kedua adalah hits The Adams, berjudul Konservatif.

Inilah jurus cara menulis lirik lagu versi Jimi Multhazam yang dikutip dari #StayAction Talk: Jimi Multhazam di akun youtube Farid Stevy:

1. Tentukan Tema

Menurut Jimi, sebelum menghias kata-kata, hal yang pertama harus dilakukan dalam penulisan lirik adalah menentukan tema. Setelah itu, buatlah cerita, barulah mulai membongkar-pasang kata.

2. Kumpulkan Frasa

Terkadang, dalam pergaulan sehari-hari, muncul frasa unik dari perkataan kawan. Kumpulkan itu. Rawatlah. Lalu, masukkan dalam nada yang telah kamu temukan.

3. Alih Bahasa

Mengalih bahasakan penggalan lirik bahasa asing ke bahasa Indonesia bisa membuat warna suara baru dalam lagumu.

4. Insting Kolase

Insting kolase harus kuat. Tiga cara di atas digabungkan hingga menjadi padu.

5. Manfaatkan Spontanitas

Salah satu lagu terbaik Jimi, Matraman, berawal dari spontanitas, lho. Berawal dari ejekan Jimi kepada kisah cinta kawannya yang mencegat pujaan hatinya di Matraman. Padahal, dambaan hati kawan Jimi telah pindah ke Bandung. Dari situlah, tercipta penggalan lirik ‘Aku di Matraman, kau di kota Kembang.’ Lalu, Jimi buru-buru mengambil gitarnya.

Begitulah jurus, cara menulis lirik lagu untuk kamu yang masih kesulitan membuatnya.

Sumber : https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/02/22/174847/tertarik-menjadi-penulis-lagu-inilah-5-cara-menulis-lirik-lagu