Perbedaan Antara Produser dan Executive Produser Film

Dalam sebuah ajang penghargaan film seringkali kita mendengar istilah Produser, ataupun Executive Produser. Dan hal itu sangatlah umum dalam dunia perfilman khususnya pada credit tittle  film. Jika kamu terbiasa menikmati film hollywood dan box office di sore hari, kamu harus tahu bahwa produser adalah salah satu sosok yang bertanggung jawab atas terciptanya sebuah film.

Dari memuat latar belakang episode hingga memperkenalkan konsep acara pada jajaran eksekutif, produser menjadi kunci kesuksesan sebuah karya film. Adapun perbedaan antara Produser atau Executive Produser mengenai tugasnya dalam produksi film. Adapun mengenai produser dan executive produser penjelesan tugas dan ruang lingkupnya sebagai berikut.

Produser

Terdapat sebuah penjelasan di artikel yang pernah ditulis oleh Sem Maltsev dengan judul artikel What does a film producer do?penjelasan mengenai tugas seorang produser yakni sebagai administrasi dalam produksi film yang tugas utamanya adalah memantau dan mengendalikan sebuah produksi film berdasarkan strategi yang telah dibuat. Kemudian perihal yang menjadi fokus bagi produser yakni pengendalian keuangan, pemilihan investor, supervisi untuk lokasi, peralatan syuting, casting dan juga bertanggung jawab atas kontrak, baik kontrak kru dan pemain.

Penjelasan berikutnya mengenai tugas seorang produser bukan hanya bertanggung jawab pada proses development sampai pasca produksi, akan tetapi seorang produser juga harus mengawasi strategi distribusi serta publikasi film pada proses distribusi dan eksebisi. Dikarenakan sebuah karya film tidak hanya sebatas diproduksi saja, tetapi perlu perlihatkan ke khalayak umum.

Executive Produser 

Jika kita melihat dari segi bahasa, Executive Produser merupakan orang yang berkaitan dengan sisi bisnis dari sebuah produksi film, atau bisa dibilang orang yang tidak terlibat secara langsung dalam aspek teknis dari proses produksi film, akan tetapi seorang executive produser akan bertanggung jawab penting terhadap pendanaan dari sebuah produksi film.

Meskipun seorang executive produser tidak ikut terlibat secara dalam hal teknis secara langsung pada sebuah proses produksi, akan tetapi seorang executive produser harus mengetahui proses produksi sebuah film dan juga mengetahui kebutuhan pasar dalam film. Selain itu seorang Executive Produser juga ikut berperan aktif dalam sebuah proses produksi dimana support yang bisa diberikan dari seorang Executive Produser terkait Bisnis (seperti Publikasi dan Marketing) baik sebagai supervisor.

Setelah mengetahui tentang kedua hal tadi, baik menjadi seorang produser ataupun seorang executive produser dalam sebuah produksi film keduanya memiliki posisi yang penting dan memiliki tanggung jawab yang berbeda. Sehingga sebuah film dapat tayang dalam bioskop baik bioskop komersil seperti 21 Cineplex, CGV, dan lainnya ataupun bioskop alternatif seperti Kineforum, Kinosaurus dan yang lainnya. Dan sebuah film tidak cukup kalau hanya tayang di Bioskop, akan tetapi dalam pemutaran film di bioskop dan khalayak umum bisa menerima pesan yang disampaikan oleh pembuat filmya.

Sumber : https://genpi.id/perbedaan-antara-produser-dan-executive-produser-film/