Penari (Dancer)

Deskripsi Karier

Penari adalah sebutan bagi seseorang yang menggerakkan tubuhnya secara berirama dan penuh penghayatan untuk menyalurkan perasaan, maksud, juga pikirannya. Tak heran kalau penari banyak yang menampilkan ekspresi yang indah dan ritmis lewat gerak tubuhnya. Seorang penari biasanya memiliki keahlian tertentu, tergantung aliran tarian yang digelutinya, seperti tari tradisional, tari kreasi, atau tari kontemporer. Penari tampil dalam berbagai pertunjukan, bisa sebagai individu atau kelompok. Untuk jadi seorang penari profesional diperlukan latihan dengan penuh ketekunan. Pada saat melakukan gerakan, penari harus bisa mengkoordinasikan gerakan lengan, kaki, serta badan bahkan emosinya. Penari juga diharapkan mampu berimajinasi untuk menciptakan suatu tarian yang unik dan menarik. Maka dari itu, penari dituntut punya pemahaman yang luas mengenai seni tari sehingga tarian yang diciptakan sarat akan orisinalitas dan tidak memiliki kecenderungan menyontek tarian yang sudah ada.

Wajib Tahu

penari

1. Mengutip Okezone.com, setiap bulannya seorang penari bisa meraup pundi-pundi Rupiah hingga bernilai jutaan. Wow! Menarik kan?

2. Tahukah Quipperian, ternyata penari punya batasan usia produktif lho. Melansir Kompas, pada usia 30-35 tahun.

3. Penari profesional yang berpengalaman luas bisa membangun kariernya menjadi pekerja tari profesional selain tampil menjadi penari, seperti koreografer dan pelatih tari. Selain itu, seorang penari profesional juga bisa mendirikan sanggar atau membuka sekolah tari.

4. Dikutip dari Republika, penari harus menjaga kondisi fisiknya agar selalu dalam kondisi prima. Karena menari pasti menguras energi.

5. Seorang penari juga harus melakukan gerakan tari dengan tepat. Hal ini dilakukan agar terhindar dari cedera. Karena kalau cederanya fatal akan berakibat tidak bisa menari lagi.

Peran dan Tanggung Jawab

Menghayati dan mengekspresikan karakter peran dan karakter tari, pada waktu menari.

Mengkomunikasikan gagasan dalam tari.

Memiliki keterampilan teknis gerak, mencakup: kemampuan menghafal urutan gerak, kemampuan olah tubuh, kemampuan menaati gaya tari dan kelenturan.

Memiliki kepekaan musikal, yaitu kepekaan dalam menyelaraskan ritme gerak tubuh dengan ritme musiknya atau menyelaraskan ritme gerak dengan penari lainnya.

Melestarikan tarian tradisional dan mengenalkannya pada generasi muda agar tarian Nusantara dikenal luas oleh masyarakat dunia.

agar tarian Nusantara dikenal luas oleh masyarakat dunia.

penari

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan berpikir kreatif
  • Kemampuan menciptakan tarian
  • Kemampuan mengekspresikan gagasan dalam bentuk tarian
  • Kemampuan menyajikan tarian yang kreatif dan inovatif
  • Kemampuan mengelola pertunjukan seni
  • Kemampuan menjaga keseimbangan tubuh
  • Kemampuan menjaga daya tahan tubuh

Sumber : https://campus.quipper.com/careers/penari