Pelatih Voice Over : Profesi Alternatif dalam Dunia Voice Over

Setiap orang mempunyai beberapa bakat yang sama menjanjikannya. Dalam voice over atau pengisi suara atau dubber, selain profesi sebagai voice over talent, ada pekerjaan lain yang layak kalian coba. Ini terutama pas bagi yang sudah profesional dan mempunyai banyak pengalaman di bidang ini.

Pekerjaan yang kami maksud adalah pelatih voice over atau pelatih pengisi suara. Profesi ini cocok bagi yang memang menyukai dunia mengajar atau memberikan pelatihan. pelatih voice over tidak terbatas mengajar pada les khusus pengisian suara. pelatih voice over dapat pula bekerja sebagai pelatih yang hanya bekerja saat tertentu saja.

Menjadi pelatih pengisi suara mewajibkan pelakonnya menguasai materi mendasar untuk pengisian suara, baik teori atau pun praktek. Jika pelatih sudah malang melintang dalam profesi ini tentu mereka akan mempunyai banyak pengalaman yang bisa dibagikan ke murid mereka nantinya. Hal ini terutama dibutuhkan bagi yang mengajar reguler dalam kursus tertentu. Bahkan bagi yang benar-benar profesional, mereka turut memantau perkembangan murid mereka selama durasi pengajaran. Dengan demikian, mereka dapat memberikan masukan jika ada yang dirasa perlu. Tak jarang pengajar voice over atau pengisi suara atau dubber terlibat dalam pembuatan kurikulum pengajaran, yang mencakup perencanaan topik ajar, jenis praktek yang akan dilakukan hingga memberikan tugas ke siswa jika dibutuhkan.

Sementara pelatih voice over atau pengisi suara atau dubber untuk pelatihan tidak terkait dengan pembuatan bahan ajar dan penyusunan buku laporan perkembangan murid. Hanya saja mereka akan dituntut memberikan konten pelatihan yang maksimal. Tak jarang nama mereka lah yang menjadi “nilai jual” tertinggi dari pihak penyelenggara pelatihan tersebut. Sehingga, pelatih voice over untuk pelatihan memang dinilai sangat ahli di tema yang yang hendak dia bawakan. Tak jarang, mereka akan terlibat langsung memantau praktek saat sesi pelatihan, baik ketika melatih vokal, mencoba ragam ekspresi tertentu hingga melakukan improvisasi suara.

Pelatih voice overmenjadi pekerjaan yang cerah seiring dengan pesatnya permintaan pengisian suara untuk ragam pekerjaan di industri kreatif. Voice over talent mana pun yang ingin mengasah ketrampilannya akan selalu “lapar” untuk menambah ilmu atau memperbaiki ketrampilannya. Di sinilah seorang guru, pelatih atau pengajar voice over dapat menemukan peluang besar untuk meraih materi, berbagi ilmu sekaligus meningkatkan kemampuan dirinya sendiri.

Tags: broadcast talentbroadcastingdubbingIndonesia Podcastindonesia voice overnarasinarrationonline radioPengisi suarapodcastpodcast applicationpodcast Indonesiapodcast productionPodcast serviceradiosiniarspotifyvoice overvoice over agencyVoice over for podcastvoice over indonesiavoice over reelvoice over talentwaiwai studiowww.indovoiceover.comyoutube

Sumber : https://indovoiceover.com/voice-over-coach-profesi-alternatif-dalam-dunia-voice-over/