Pelatih Olahraga / Instruktur Olahraga

Deskripsi Karier

Pelatih olahraga merupakan seseorang yang kompeten dalam cabang olahraga tertentu dan bertugas untuk menyiapkan fisik juga mental olahragawan ataupun kelompok olahragawan. Dalam sebuah pertandingan, pelatih punya peran yang cukup sentral dalam menentukan taktik dan strategi. Jadi, seorang pelatih tidak sekadar memberikan porsi latihan fisik dan dukungan moral saja ya, Quipperian! Selain olahragawan, pelatih juga bisa membimbing latihan olahraga pada orang biasa, sebab olahraga kini menjadi bagian dari gaya hidup.

Seorang pelatih olahraga bertanggung jawab dalam menyusun menu latihan olahraga dengan pengetahuan spesialis yang dimiliki seperti pengetahuan mengenai fungsi gerakan olahraga. Menu latihan olahraga dibuat setelah memahami karakteristik tubuh, usia, keadaan fisik, dan masalah kesehatan dari individu. Pelatih olahraga membimbing seseorang untuk meningkatkan kinerja fisik tubuh, kekuatan otot, dan sebagainya. Di samping itu, juga memberikan saran mengenai perawatan cedera dan manajemen kesehatan fisik.

Wajib Tahu

pelatih-olahraga-instruktur-olahraga

Tidak semua orang bisa jadi pelatih lho, Quipperian! Sekalipun ia adalah mantan atlet andal, belum tentu bisa jadi pelatih ulung.

Dilansir dari Okezone.com, salah satu kunci sukses menjadi pelatih adalah pengetahuan di bidang olahraga yang tinggi. Selain itu, perlu juga kemampuan dalam mengidentifikasi talenta prospektif, serta kekuatan dan kelemahan atlet.

Quipperian pernah terbayang bagaimana pelatih olahraga menangani atlet para? Hal itu tentu menjadi tantangan bukan?

Mengutip Kompas, selain bertugas meningkatkan kualitas hidup atlet, pelatih juga dituntut untuk memiliki kesabaran ekstra dalam menyiapkan atlet para, terlebih jika atlet memiliki kekurangan dalam hal mental.

Seorang pelatih bagi atlet para harus mengenal dekat kondisi emosional atlet yang dilatihnya. Sebab sebaik apapun kemampuan teknis yang dimiliki akan menjadi sia-sia jika suasana hatinya sedang buruk.

Melansir Sindonews.com, pelatih juga dituntut untuk terus meningkatkan kompetesinya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Hal ini dilakukan agar bisa meningkatkan prestasi olahraga.

Ketika atlet berhasil meraih kemenangan dalam sebuah ajang olahraga bergengsi dan membuat Merah-Putih berkibar, maka siap-siap mendapat kucuran bonus. Dikutip dari Tribunnews.com, ternyata pelatih dan asisten pelatih juga dapat bonus lho.

Peran dan Tanggung Jawab

Mengatur aktivitas fisik peserta olahraga

Mendefinisikan isi kelas, dengan mempertimbangkan usia, kesiapan, fitur individu dan psikofisik peserta olahraga

Melakukan pekerjaan untuk menguasai keterampilan belajar, teknik melakukan latihan fisik, dan membentuk kualitas moral

Memberikan keamanan yang lengkap bagi siswa saat melakukan aktivitas fisik dan olahraga

Berhubungan dengan institusi pendidikan tambahan lembaga olahraga

pelatih-olahraga-instruktur-olahraga

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan observasi
  • Kemampuan manajerial
  • Kemampuan berpikir kritis
  • Kemampuan problem solving
  • Keterampilan komunikasi
  • Pengetahuan di bidang olahraga

Ingin tahu!

Jenjang Karier

Meniti karier sebagai pelatih olahraga bisa dimulai dari menjadi pelatih klub. Nah nantinya seiring dengan bertambahnya pengalaman, Quipperian bisa jadi pelatih di tingkat kabupaten/kota, provinsi, bahkan menjadi pelatih di pemusatan latihan nasional (pelatnas). Biasanya jenjang karier pelatih olahraga terdiri dari:1

Asisten Pelatih2

Kepala Pelatih

Jurusan Terkait

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Pendidikan OlahragaPendidikan Olahraga

Sumber : https://campus.quipper.com/careers/pelatih-olahraga-instruktur-olahraga