Patissier (Pembuat Kue)

Deskripsi Karier

Pâtissier sering diidentikan dengan pastry chef, yaitu orang yang mengkhususkan diri membuat kue-kue khas Eropa seperti kue tar, mousse, kue kering, dan sebagainya. Pâtissier berasal dari kata dalam Bahasa Prancis, terdapat juga kata pâtissière untuk pastry chef perempuan. Meski sama-sama membuat kue, patissier bukan sembarang pastry chef lho! Untuk menyandang nama patissier kamu harus menempuh pendidikan khusus dan beberapa ujian dari lembaga-lembaga terkait.

Dalam membuat kue dibutuhkan jiwa seni juga ketelitian tingkat tinggi. Nggak heran kebanyakan pastry chef adalah orang yang sangat detail. Nah, untuk jadi seorang patissier kamu nggak sekadar bisa bikin kue, tapi harus jago melakukan presentasi, mencipta resep, juga mempertanggung jawabkan hasil kreasinya. Selain rasa kue yang enak dan kamu juga haru memerhatikan tekniknya. Jadi, ketika orang lain ingin meniru resepnya, paling tidak hasilnya mirip.

Nah, jika kamu seorang patissier maupun patissiere yang akan membuka toko kue sendiri maka toko tersebut layak disebut dengan Pâtisserie.

Wajib Tahu

patissier-pembuat-kue
  1. Mengutip Kompas, pastry chef harus paham bagaimana cara memilih bahan-bahan terbaik, sehingga perlu mengenali strong point setiap jenis bahan supaya bisa menghasilkan produk pastry yang lezat.
  2. Melansir Liputan6.com, seorang patissier di sistem kuliner Prancis klasik yang bekerja di hotel-hotel besar dibantu oleh stafnya yang sudah terspesialisasi, seperti Boulangere yang tugasnya membuat roti, Confiseur yang membuat permen, Glaciere bertanggung jawab pada es krim dan dessert dingin, serta Decorateur yang berkreasi dengan cake cantik.
  3. Kesalahan umum yang kerap dilakukan pastry chef pemula adalah nggak sabar ketika membuat kue. Menurut chef Anna Olson dikutip dari Detik.com, pastry adalah seni, juga keterampilan. Ketika seseorang sudah benar-benar memahami reaksi antar bahan dengan teknik pengolahannya, maka bisa berkreasi dengan mengubah-ubah aturan maupun proporsinya. Selain itu, kegagalan dalam membuat pastry juga bisa dikarenakan turunnya suhu akibat tutup oven yang dibuka ketika proses pemanggangan sedang berlangsung.

Peran dan Tanggung Jawab

  1. Membuat kreasi berbagai jenis kue-kue khas Eropa.
  2. Melakukan eksperimen untuk mencipta resep kue dan melakukan evaluasi terhadap hasil kreasinya.
  3. Menyiapkan berbagai jenis hidangan pastry untuk di jual di pastry shop, breakfast, afternoon tea, dessert untuk buffet dan a la carte, dan sebagainya.
  4. Merencanakan, mengatur dan mengawasi pekerjaan di dalam pastry.
  5. Mengawasi staf pastry dalam menggunakan mesin-mesin dan fasilitas pastry lainnya secara efisien.
  6. Bertanggung jawab terhadap bahan makanan dan biaya bahan makanan.

Sumber : https://campus.quipper.com/careers/patissier-pembuat-kue