Mengenal Profesi Pipe Fitter | Works process





Mengenal Profesi Pipe Fitter | Works process

Sistem perpipaan sudah banyak dibuat untuk berbagai bidang lingkungan kerja, baik industri manufaktur, lokasi kilang minyak, sistem perkapalan, bahkan di pusat perbelanjaan ada saluran pipa, untuk mengalirkan air atau udara ke tempat-tempat yang dibutuhkan. 

Untuk pemasangan jalur pipa tersebut pasti dibutuhkan keahlian khusus, sehingga pipa, fitting dan material nya lainnya menjadi satu kesatuan membentuk suatu sistem jalur pipa yang di butuhkan.

Di lokasi kilang minyak atau juga perkapalan selalu membutuhkan orang untuk memelihara atau memperbaiki saluran pipa apabila mengalami kerusakan dan kebocoran bahkan untuk menambah serta memodifikasi jalur pipa. 
Profesi tersebut di pegang oleh seorang pipe fitter yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Postingan kali ini kita akan mengenal profesi sebagai seorang pipe fitter atau pekerja yang memasang pipa. Pipe fitter adalah profesi seseorang yang bertugas untuk membuat dan memasang bagian-bagian jalur pipa. 

Biasanya pipe fitter bekerja di proyek migas seperti refinery (kilang Minyak), fabrikasi pembuatan platform rig, galangan kapal dan masih banyak lagi lokasi kerja untuk profesi seorang pemasang pipa.

Untuk menjadi pipe fitter bisa memulai dari awal yaitu sebagai asisten pipe fitter atau bisa mengikuti pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) atau bisa juga belajar dari bengkel-bengkel yang berhubungan dengan pekerjaan pipa
Menjadi Pipe fitter harus memiliki fisik yang sehat dan terpenting harus mengikuti aturan di lokasi kerja sesuai dengan yang di terapkan oleh HSE perusahaan tersebut.

Semua akan di jelas kan pada saat safety induction sebelum kita memulai pekerjaan di perusahaan tempat kita akan bekerja.

Persyaratan Pipe Fitter Yang Wajib di Miliki

Secara umum beberapa hal yang menjadi syarat apabila akan bekerja sebagai seorang pipe fitter yang wajib dimiliki sebagai berikut;
Keterampilan Matematika yang kuat sangat diperlukan;Di butuhkan kemampuan berhitung yang kuat seperti mencari centre elbow, 
Melakukan pengukuran yang tepat dan memotong bahan dengan spesifikasi tertentu Pipe fitter harus bisa membaca alat pengukur seperti alat meter, Siku, level tools, sehingga hasil yang dikerjakan tidak mengalami kesalahan dan kekeliruan.
Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan untuk menggunakan alat tangan dan listrikPahami cara pemakaian dan fungsi dari alat-alat kerjanya, sehingga tidak berakibat kerusakan pada alat tersebut dan  tidak mengalami kecelakaan pada kita sendiri yang melakukan pekerjaan tersebut. seperti Grinding machine, welding machine bending machine dan sebagainya, Berikut beberapa peralatan yang biasa dipergunakan pada saat bekerja.
Memiliki Fisik yang kuat dan sehatseperti Kemampuan untuk mengangkat benda berat Fisik yang kuat dan sehat sangat diperlukan karena material atau alat-alat yang akan kita pakai mempunyai beban yangcukup membutuhkan tenaga untuk di angkat atau di geser, membungkuk, jongkok atau berdiri. 

Walaupun nantinya akan ada alat bantu seperti overhead crane, forklift dan sebagainya. Jam kerja juga cukup lama dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore atau untuk yang night shift bekerja dari jam 6 sore hingga jam 5 pagi.
Mengenal Jenis Material dan peralatan serta kegunaannyaArtinya pipe fitter harus mengenal jenis, tipe, serta klasifikasi, bahan dari material yang akan di kerjakan, dan mengerti dengan smua peralatan yang akan dipakai, sehingga tidak terjadi kebingungan dan kesalahan pada proses kerjanya nanti. Sebagai contoh; elbow 44 derajat, Long atau short, material stainless steel 316L, #1500, RTJ gasket 
Memahami drawing isometri, P and ID serta mengerti symbol-symbolSeorang Pipe fitter di wajibkan memahami atau mengeri membaca gambar general drawing isometrik, P&ID serta symbol-symbol yang ada di dalam gambar tersebut, karena sangat di butuhkan pada saat akan melakukan proses pekerjaan jalur pipa sesuai dengan yang dirancang dalam gambar tersebut. 

di gunakan pipe fitter untuk fabrikasi pipa
tugas dan tanggung jawab bekerja

Tugas dan tanggung jawab Pipe Fitter

1. Koordinasi dengan atasannya foreman pipe fitter atau dengan supervisor, untuk      mengkonfigurasi  tata letak, bagian-bagian jalur dan sistem pipe yang akan di kerjakan
2. Memesan Material yang sesuai dengan gambar serta mempersiapkan meja kerja serta    smua peralatan kerja yang dibutuhkan    
3. Tahap selanjutnya dimulai dengan memahami gambar, baik itu ukuran yang akan di    potong, material dan arah sesuai dengan design yang di minta
4. Bekerjasama dengan Welder untuk melakukan tack weld untuk menyambungkan bagian-    bagian yang sudah di anggap sesuai dengan gambar design, dan sudah di lakukan     pemeriksaan oleh QC inspector
5.Tugas lain Pipe fitter memeriksa, dan menguji sistem dan jalur pipa yang dipasang,              menggunakan pengukur tekanan, pengujian hidrostatik, observasi atau metode lain   Cukup sekian untuk postingan mengenal profesi pipe fitter, semoga dengan paparan singkat bisa menambah wawasan dan menambah pengetahuan kita. terima kasih.

Sumber : https://worksprocess.blogspot.com/2019/02/mengenal-profesi-pipe-fitter.html