JIka Harus Memakai Jasa Instalatir Listrik

Listrik Indonesia | Banyak penghuni rumah baru yang membutuhkan jasa instalasi listrik. Apalagi pekerjaan instalasi tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Pekerjaan instalasi listrik tidak bisa dikerjakan oleh orang-orang yang hanya sekadar bisa atau hanya sekedar bisa menyala saja. Karena bisa jadi sangat berbahaya. Tidak jarang kebakaran atau ledakan dan kecelakaan fatal di sebabkan oleh instalasi listrik yang tidak benar, terutama di rumah tangga.     

Salah satu masalah-masalah instalsi listrik yang sering terjadi adalah kapasitas kabel yang kecil, sistem penggunaan warna yang tidak standar, juga instalasi yang semrawut. Yang lebih menakutkan, permasalahan seperti korsleting (hubungan arus pendek/short) tidak akan terjadi dalam waktu singkat, masalah baru akan muncul setelah 6 bulan atau satu tahunan. Bahkan untuk rumah baru, tidak jarang setelah bangunan resmi digunakan.

Paling tidak ada beberapa hal yang bisa dilakukan konsumen untuk memilih jasa instalatir listrik agar instalasi listrik di rumah terhindar dari masalah dan bisa di gunakan dalam waktu yang cukup lama.
Satu, bisa menggunakan tukang listrik yang memang Anda kenal. Artinya Anda mengenal kompetensinya. Kemudian juga mengetahui domisili si tukang listrik tersebut.

Para pekerja pemasangan istalasi listrik pada umumnya memberikan tarif pada titik pemasangan, harganya pemasangan per titik bervariasi tergantung pada daerah dan tingkat keahlihan tukang listrik tersebut. Untuk pemasangan di rumah akan lebih murah dibandingkan pemasangan di perusahaan.

Dua, Besaran KWH yang dipilih. Kwh 450 watt, 900 watt dan 1300 watt tentu mempunyai tarif yang berbeda semakin besar daya jaringan listrik yang dipasang maka semakin mahal. Perhitungkan dahulu pemakaian listrik rumah atau perusahaan Anda sebelum melakukan pemasangan resmi, karena jika tidak sesuai maka proses pemasangan jaringan listrik akan membayar lagi dengan besaran tetap.

Tiga, Jenis kabel dan item listrik lainnya. Kabel pejal tentu lebih mahal dibandingkan dengan kabel serabut, dan hal ini akan berpengaruh pada harga pemasangan jaringan listrik di rumah Anda. Harga kabel pejal akan lebih mahal jika diameternya semakin tebal, maka pertimbangkan saja kebutuhan instalasi jaringan listrik Anda.

Empat, untuk bangunan bertingkat bisa digunakalah instalatir yang bersertifikat atau gunakanlah perusahaan resmi. Tentu ada juga harus mengetahui alamat perusahaan yang ditunjuk dengan pasti. Hubungi dan tanyakan juga jasa apa saja yang biasa di kerjakan perusahaan tersebut, termasuk bangunan mana saja yang telah dikerjakan oleh perusahaan. Tentu saja perusahaan instalasi listrik yang bersertifikat tidak mau memasang atau mengerjakan isntalasi dengan material atau bahan-bahan yang tidak standar.

Bagaimana dengan harga?
Banyak juga yang bertanya berapa biaya instalasi listrik yang saat ini berlaku di pasaran? Seperti yang dilansir dari jasalistrik.com, harga  instalasi pada bangunan baru, harga dan jenis pekerjaan sudah jelas akan tetapi untuk biaya service , biasanya akan ada negosiasi lagi.

Untuk kasus service misalnya korsleting yang menyebabkan seluruh rumah mati total atau sebagian. Untuk 2016, kebijakan harga minimal service antara lain untuk service lampu Rp80.000/per titik, service stop kontak Rp80.000/per titik, service Panel Box MCB 80.000/per titik (jika panel hager atau presto 6 group tapi di sisi 4 MCB maka yang di bayar hanya MCB yang terpasang).

Yang perlu diperhatikan juga, sebaiknya tidak berganti-ganti menggunakan orang atau perusahaan untuk instalasi listrik di rumah. Sehingga jika rumah atau bangunan Anda mengalami masalah dengan kelistrikan, maka yang harus dihubungi adalah orang pertama yang pernah menginstal dan mengerti jaringan listrik rumah Anda.

Selain itu, pastikan bahwa listrik rumah Anda tersebut betul-betul dalam masalah. Jangan sampai hanya karena MCB turun atau jeglek harus memanggil petugas instalasi listrik. (F/ER)

Sumber : https://www.listrikindonesia.com/jika_harus_memakai_jasa_instalatir_listrik_1286.htm