Ini Dia, Lima Profesi untuk Pecinta Hewan

Anda punya hewan kesayangan di rumah seperti kucing, anjing, burung, ikan, kura-kura, dan lain-lain? Dan Anda merasa bahagia jika harus berinteraksi dengan hewan-hewan lucu?  

Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari hewan di sekitarnya. Ada yang bilang bahwa binatang peliharaan dapat memberikan keuntungan seperti kesehatan jiwa dan bahkan panjang umur karena selalu rileks. Binatang juga memberikan solusi mengurangi stress untuk mereka yang sibuk.

Jika Anda pecinta binatang alias animal lover, siapa tahu lima profesi ini bisa jadi pilihan.

  1. Dokter Hewan

Dokter hewan atau disebut juga medic veteriner menangani hewan dan penyakit-penyakitnya yang menjangkitinya. Biasanya dokter hewan fokus pada satu kelompok hewan tertentu seperti hewan besar atau kecil, yang dipelihara sebagai hobi atau hewan ternak seperti kambing, kuda, dan sapi.

Selain memeriksa penyakit hewan, dokter hewan juga bisa bekerja sebagai konsultan atau ahli di bidang peternakan dan satwa liar. Mereka dibutuhkan di lembaga penelitian, konservasi, karantina hewan, dan atau membuka praktik sendiri untuk pasien yang mempunyai hewan peliharaan. Asyik kan?

  1. Petugas Kebun Binatang

Kebun binatang atau taman margasatwa adalah tempat hewan dipelihara dalam lingkungan buatan dan dipertunjukkan kepada publik. Selain tempat rekreasi, kebun binatang bisa menjadi tempat pendidikan, riset, dan juga konservasi untuk satwa yang terancam punah.

Petugas kebun binatang bertugas untuk menjaga hewan yang ada di dalamnya, misalnya menjaga kebersihan lingkungan, memberi makan, mengejar bila hewan kabur, dan merawat saat hewan tersebut sakit. 

Profesi ini cukup berisiko, terutama bila harus mengurus satwa liar. Tidak ada pendidikan khusus untuk menjadi petugas kebun binatang. Namun bila diterima, mereka akan mendapatkan training khusus untuk melakukan tugasnya.

  1.  Pawang/Penjinak Hewan

Anda pasti pernah mendengar istilah pawang. Arti populer pawang adalah seseorang yang mampu mengatur prilaku binatang alias bisa menjinakkan hewan buas atau satwa liar.

Tidak semua orang bisa menekuni profesi ini, karena ada “bakat” tersendiri yag dimiliki seorang pawang yang tidak dimiliki orang lain. Selain itu tidak ada sekolah yang khusus untuk para pawang. Namun dasar menjadi pawang adalah kecintaan terhadap hewan.

“Hewan itu seperti manusia. Kalau kita menunjukkan kasih sayang, mereka akan membalasnya,” kata Surono, salah satu pawang di Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta sebagaimana dikutip kompas.com.

  1. Aktivis Satwa Dilindungi

Meskipun tidak langsung berhubungan dengan hewan sebagaimana tiga profesi sebelumnya, aktivis satwa dilindungi sangat concern pada apa yang terjadi pada hewan yang hampir punah.

Mereka akan mencoba dengan segala cara untuk mendesak pemerintah untuk melindungi hewan tersebut dengan kampanye yang massive, negosiasi, pengumpulan dana dan juga turun ke lapangan untuk demonstrasi.

Salah satu organisasi yang sangat peduli pada hewan, terutama hewan yang menjelang kepunahan adalah World Wildlife Fund (WWF)

  1. Animal Trainer

Pelatih hewan adalah pekerja yang melatih hewan untuk dapat bertindak sesuai dengan keinginannya. Tujuan pelatihan ini adalah untuk menjaga keamanan, atraksi, balapan, taat pada majikan, melacak sesuatu, bahkan menjinakkan bom.

Di Indonesia saat ini sudah bisa Anda temui banyak yang mengambil profesi sebagai pelatih anjing profesional yaitu mereka yang melakukan pelatihan pada anjing-anjing peliharaan supaya bisa menuruti perintah manusianya dan menghindari peliharaan menjadi agresif.

Profesi animal trainer bukan saja untuk anjing tetapi juga untuk hewan lain misalnya lumba-lumba, gajah, kuda dan lain-lain. 

Kalau Anda seorang animal lover kenapa tidak menekuni satu dari profesi di atas? Selain bisa mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa mencurahkan kasih sayang Anda pada hewan setiap waktu.(A, Kholis/berbagai sumber)

Sumber : https://dokterhewan.co.id/detailpost/ini-dia-lima-profesi-untuk-pecinta-hewan