Apa itu Aanstamping dan Bagaimana Cara Pemasangannya

Sebuah pondasi umumnya terdiri dari beberapa bagian atau lapisan, termasuk dalam pondasi batu kali. Lapisan-lapisan tersebut biasanya diawali dengan lapisan pasir urug, kemudian aanstamping, dan yang terakhir badan pondasi yang berupa pondasi batu belah.

Kali ini yang akan kita bahas mengenai aanstamping atau juga dikenal dengan sebutan batu kosong.

Aanstamping merupakan susunan batu-batu di atas lapisan pasir urug dengan tinggi berkisar 20-25 cm. Dalam susunan batu-batu tersebut disi pasir ke dalam celah-celahnya sehingga tidak ada rongga antar batu. Untuk menguatkan perekatannya, batu kosong tersebut disiram menggunakan air.

Apa itu Aanstamping?

Aanstamping adalah batu kosong, yang merupakan bagian dari pondasi menerus/batu belah dan disusun di bawah pondasi. Panjang aanstamping sendiri mengikuti panjang pondasi.
Pekerjaan pondasi sendiri terdiri dari:

  • Penggalian tanah hingga kedalaman tanah keras, minimal 60 cm
  • Pemasangan tulangan pondasi
  • Pengecoran pada pondasi
  • Pasangan batu kali untuk pondasi dikerjakan setelah lapisan urug dan aanstamping selesai dilakukan.
  • Pekerjaan sloof, ditujukan untuk menguatkan hubungan dinding bata dan mengokohkan pondasi.

Pekerjaan aanstamping biasanya diganti dengan beton cor atau kadang untuk rumah tinggal pribadi biasanya orang-orang tidak menggunakan aanstamping pada struktur pondasi rumah. Dikarenakan menambah biaya pondasi. Namun, aanstamping ini sebaiknya dipasang untuk menambah kekuatan pondasi itu sendiri.

Analisa Harga Satuan Pemasangan (AHSP) Pondasi Batu Belah/Batu Kali

Pada pekerjaan proyek yang resmi, seperti pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP), anstamping ini ada dalam perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB).

Berikut ini adalah analisa harga satuan untuk pekerjaan pondasi batu belah atau batu kali per 1 m3 berdasarkan analisa harga satuan SNI 7395:2008.

Dari tabel di atas belum termasuk campuran semen dan pasir pasang. Karena masing-masing material tersebut mempunyai koefisien yang berbeda ketika dilakukan perbandingan campuran.  Perbandingan campuran pasir dengan semen pada pekerjaan pondasi ini yang sering dipakai adalah : 

  • 1 semen : 3 pasir 
  • 1 semen : 4 pasir 
  • 1 semen : 5 pasir 

Pemasangan Aanstamping yang Tepat

Pemasangan aanstamping cukup sederhana. Pertama yang harus dikerjakan tukang sebelum memasang aanstamping adalah meletakkan pasir urug di atas galian pondasi dengan ukuran ketebalan berkisar 5-10cm.
Kemudian batu-batu belah yang berukuran 15/20 cm disusun di atas pasir urug tersebut. Susunan batuan ini sebaiknya setinggi 20 cm – 25 cm tanpa diberi campuaran adukan semen dan pasir.
Yang perlu diperhatikan dalam pemasangan aanstamping ini adalah pastikan kedalaman galian pondasi yang cukup untuk pembuatan batu kosong ini.
Demikianlah penjelasan mengenai apa itu aanstamping, koefisien AHSP yang perlu diperhatikan dalam pekerjaan pondasi dan aanstamping, dan bagaimana cara pemasangan aanstamping yang tepat. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.pengadaan.web.id/2020/10/apa-itu-aanstamping.html